Sunday 13 January 2013

GAREC (Global Amateur Radio Emergency Communications Conference)



GAREC ke‐8 tahuh 2012 telah digelar di Thistle Resort, Port Dickson, Malaysia (karenanya mereka menyebutnya sebagai MyGarec 2012) pada 12‐14 November 2012, dengan mengambil   thema: “One world, One commitment”

GAREC (Global Amateur Radio Emergency Communications Conference) adalah konferensi   yang setiap tahun digelar IARU sebagai ajang/wadah diskusi tentang ope‐ rasi Radio Amatir saat terjadi bencana (alam) serta keadaan darurat lainnya, dengan motto: "Saving lives through emergency communications" dan berpedoman pada Visi dan Missi sebagai berikut:
THE VISION: To have regular worldwide cooperation and understanding between Authorities and Amateur Radio Service on the field of Emergency Communications.

THE MISSION: To get Amateur Radio operators to be bet‐ ter prepared for emergency communications and create practices for national and international levels. GAREC is for exchanging information and experiences between all Amateur Radio operators and groups that are interested in EmComms.
GAREC pertama kali digelar di Tampere, Finland (2005), dan  pada  saat  itu  disetujui  bahwa  GAREC  berikutnya akan diselenggarakan dengan mengambil tempat secara bergantian di antara ketiga Regions IARU, sehingga sampai tahun 2012 ini GAREC sudah 8 x digelar:

2nd  Tampere, Finlandia ‐ IARU Region 1 (2006)
3rd   Huntsville, Alabama ‐ IARU Region 2 (2007)
4th   Friedrichshafen, Jerman ‐ IARU Region 1 (2008)
5th   Tokyo, Jepang ‐ IARU Region 3 (2009)
6th   Willemstad, Curaçao ‐ IARU Region 2 (2010)
7th   Sun City, Africa Selatan ‐ IARU Region 1 (2011)

Triadi Suparta YBØKVN dan Ria Triadi YCØKVM di antara MyGAREC 2012 delegates

GAREC‐2012 yang secara resmi dibuka oleh Dr. Seppo Sisatto OH1VR dihadiri oleh +/‐ 20 orang delegasi dari Sembilan IARU member societies dari Finlandia, Jerman, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Swiss, Thailand, UK dan tuan rumah Malaysia.
Agenda   Konferensi   diisi   dengan   beberapa   paparan, antara lain tentang MEWS/Mobile Emergency Weather Station oleh perancangnya Greg Lee HSØZHM.
MEWS dirancang untuk dapat memberikan laporan cuaca (dari lokasi bencana) yang diperlukan para pengambil keputusan dalam menentukan langkah‐langkah penang‐ gulangan, termasuk untuk menunjang keselamatan peng‐ operasian helikopter penolong.
Paparan  lain  sebagai  bagian  dari  materi diskusi selama sidang‐sidang yang membicarakan status layanan Em‐Comm oleh Amatir Radio serta kendala dan masalah umum yang dihadapi dalam penyelenggaraan EmComm  di berbagai negeri (seperti Finlandia, Jerman, Hong Kong, Indonesia dan Swiss) antara lain disampaikan oleh Greg Mossop GØDUB (IARU Reg. 1 EmmComm Coordinator); prosedur bagi NCS pada EmComm dengan Calling Frequency & Dispatcher di Swiss oleh Peter Sidler HB9PJT; Pengorganisasian dan Pelatihan bagi operasi penyelamatan bersama SRAL (= institusi Ham EmComm di Finlandia) dan SRT (= Safety Radio of Finland) oleh Jyri Putkonen OH7JO;   dan tentang CORE oleh Triadi P Su‐ parta YBØKVN (yang mengutamakan hubungan baik de‐ ngan instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas Penanggulangan Bencana dan intitusi lainnya)

The IARU HF Emergency Operating Procedure juga direview menuruti pengalaman selama penyelenggaraan GlobalSET   (Simulated   Emergency   Test)   dan   berbagai event pelatihan yang diadakan para member societies.
GAREC  2013  akan  digelar  di  Zurich,  Swiss  (25‐27  Juni 2013), sedangkan untuk tahun‐tahun berikutnya terpilih Huntsville, Alabama (2014), untuk kemudian “kembali” ke Tampere, Finlandia (2015) ■

No comments:

Post a Comment