Sunday 13 January 2013

Sekapur Sirih .....Tahun II edisi 04, Nov 2012

Sekapur Sirih .....Tahun II edisi 04, Nov 2012


Dear e‐QSP readers,

Meneruskan “tradisi” di tiga penerbitan e‐QSP ter‐ akhir, edisi akhir tahun 2012 ini juga diawali dengan liputan tentang Mars Rover Curiosity yang mengangkat tentang betapa maju teknologi fotografi dan pe‐ ngiriman data (berupa imaji/citra) yang menunjang proyek ini ‐ yang sekaligus juga menyiratkan betapa erat kerjasama yang dijalin Agensi keantarriksaan berbagai Negara, yang tidak lagi dibatasi bermacam sekat politis‐ideologis seperti di era Perang Dingin doeloe.

MARS One, proyek ambisius yang melibatkan angka‐ sawan negri jiran Dr. Sheikh Muszaphar 9W2MUS sebagai duta‐nya (lihat lagi e‐QSP edisi II‐03) dielaborasi lebih jauh di kolom Ham Radio in outerspace, yang juga mengunggah daftar nama (dan callsign) para as‐ tronot/kosmonot awak Ekspedisi 1 s/d 41.
BTW, musim hujan di Bogor yang oleh BMKG disebut sebagai yang  terbesar  selama  30  tahun terakhir  ini praktis membuat 2‐3 bulan belakangan ybØko tidak pernah uthak‐athik ‘ngeksperimen antena seperti bi‐ asanya, jadi mohon dimaklumi kalau kolom Antenna‐ Mania absen dari edisi ini.
Dan,  tentunya  jangan  dilewatkan  berbagai  KIPRAH yang laik sorot dari para penggiat Radio Amatir anak negri di penghujung tahun 2012 ini.

Selamat membaca, and as always: pse ENJOY .. !!!
[Ed.]

No comments:

Post a Comment