Sunday 13 January 2013

Ham Radio in outer space .....


Ham Radio in outer space .....   

Pengantar:
Bagi pembaca yang jeli, SELALU disebutkannya call signs para astronaut dan kosmonot awak berbagai Expeditions ke ISS/International Space Station di kolom ini (termasuk “angkasawan” Malaysia 9W2MUS yang “bareng‐bareng terbang” bersama Expedition 16 ‐ lihat e‐QSP Vol.II.03 edisi OCT 2012) tentu akan menimbulkan pertanyaan, apakah ini suatu kebetulan belaka, ataukah ini memang sesuatu yang sudah dipersiapkan dengan matang sejak beberapa waktu sebelumnya. Tabel berikut ‐ yang disunting dari laman www.ariss.rac.ca/ariscrew.html (aslinya dari situs ARISS Russia, edisi bahasa Inggrisnya difasilitasi oleh RAC/Radio Amateur of Canada) menyiratkan bahwa semua ini memang sudah dipersiapkan JAUH‐JAUH HARI sebelumnya, dan bahkan sudah mencakup 3‐4 tahun ke depan sebagai persiapan bagi Misi “setahun di ISS” di tahun 2015‐2016 y.a.d. [Ed.]



Catatan:
1.  Sebuah Ekspedisi biasanya terdiri dari 3 orang awak (Commander + 2 Flight Engineers = Komandan + 2 Juru Tera {Mal.]). Para awak ini tersebut bisa diberangkatkan sebagai sebuah Tim utuh, bisa juga sebagian diterbangkan lebih dulu menggantikan sebagian dari Ekspedisi terdahulu sehingga terjadi overlap seperti terlihat pada Tabel di atas..
2.  Pada Tabel di atas nama‐nama mereka yang pernah lebih dari sekali menghuni ISS di ditulis dengan huruf merah.
*)  [Update 26 November 2012]
Pada rilis yang diunggah ke laman SpaceRef Daily Newsletter NASA mengumumkan bahwa NASA, Roscosmos (Agensi Ruang Angkasa Federasi Russia/the Russian Federal Space Agency) berserta mitra antarbangsa mereka telah memilih dua orang antariksawan veteran bagi sebuah missi untuk perjalanan ke (dan menghuni) ISS selama satu tahun pada 2015—2016
NASA memilih Scott Kelly, lahir February 21, 1964 di Orange, NJ, sedangkan Roscosmos memilih Mikhail Kornienko RN3BF, lahir April 15, 1960 di Syzran, Kuibyshev (lihat foto berikut).
Tidak tercantum pada Tabel di atas adalah sebelum menjadi Komandan pada Ekspedisi 25 Kelly juga disiapkan sebagai back‐up crew bagi Kornienko yang saat itu menjadi Flight Engineer pada Ekspedisi 23/24.

Astronaut Scott  J  Kelly  dan kosmonot Mikhail  Kornienko  RN3BF, calon awak Missi “setahun di ISS” di tahun 2015-2016.

Seperti juga ekspedisi‐ekspedisi sebelumnya, Kelly dan Kornienko akan diluncurkan dengan wahana Soyuz dari Kos‐ modrom Baikonur di Kazakhstan pada musim semi 2015, dan akan kembali ke bumi (juga di kawasan Kazakhstan) pada musim semi berikutnya di tahun 2016.
Missi jangka panjang di Laboratorium orbital tersebut adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik bagaimana tubuh manusia berreaksi (untuk kemudian beradaptasi) dengan lingkungan yang tidak ramah dan “keras” (dalam konotasi “nyaris tak tertahankan/difficult to endure”) di antariksa sana.
Data yang terkumpul dari missi 12 bulan ini akan sangat membantu proses evaluasi kinerja, kondisi kesehatan fisik maupun emosi para antariksawan, dan akan menentukan langkah‐langkah pencegahan maupun antisipasi yang lebih baik dalam mengurangi resiko terkait eksplorasi ruang angkasa di masa depan, termasuk pada berbagai upaya meretas jalan bagi  berbagai missi penerbangan berawak ke orbit bulan, kemudian ke salah satu asteroid, yang akan dipuncaki dengan missi penerbangan berawak ke planet Mars.**)
Selama 12 tahun keberadaan para antariksawan dari berbagai bangsa dan negara di ISS, para ilmuwan dan peneliti telah  mendapatkan  berbagai  data yang bahkan seringkali mengejutkan  tentang dampak gravitasi mikro pada kepadatan tulang, massa otot dan lain‐lain aspek fisiologis manusia, dan dengan missi satu tahun ini diharapkan dapat diperoleh hasil analisis yang jauh lebih rinci tentang dampak samping kecenderungan fisiologis tersebut serta dapat dirumuskan langkah‐langkah antisipasinya.
Kelly dan Kornienko akan mengawali program pelatihan selama dua tahun di Amerika, Russia dan negeri‐negeri mitra lainnya di awal 1213 ■



No comments:

Post a Comment